toko kelontong

Tips Ampuh Membuka Peluang Bisnis Toko Kelontong Tanpa Resiko

Posted on

Kebutuhan primer dalam kehidupan wajib dipenuhi agar hidup individu dapat berlangsung. Banyak pebisnis mengambil kesempatan tersebut dengan membuka usaha kebutuhan primer salah satunya ialah bisnis toko Kelontong. Memang nyatanya hingga sekarang toko penjual sembako begitu menjamur di desa apalagi di kota-kota besar. Namun dengan jumlah popularitas penduduk semakin meningkat, membuat suplai toko kelontong semakin sulit memenuhi permintaan. Berikut beberapa tips mungkin bisa dijadikan bahan referensi ketika memulai bisnis kelontong.

Bisnis Toko Kelontong
sumber foto : kaderbisnis,com

Membeli Peralatan Toko

Ada beberapa hal penting wajib membeli peralatan untuk menunjang kegiatan bisnis seperti timbangan analog persiapan budget Rp. 500.000, etalase kaca ukuran kira-kira 2 meter budget Rp. 2.000.000, lemari showcase pendingin Rp. 3.500.000. Perkiraan total anggaran biaya membeli peralatan tersebut sebesar Rp. 6.000.000.

Setelah membeli perlengkapan tersebut, kemudian kawan silahkan melakukan kulakan. Sebenarnya ada beberapa agen bersedia mengantar barang-barang langsung ke toko, namun mereka biasanya mempertimbangkan omset bisnis kawan selalu stabil.

Pilih Lokasi Strategis

Sebenarnya bisnis sembako merupakan usaha yang pasti dibutuhkan oleh banyak orang, tentu memiliki prospek bagus. Kebanyakan barang-barang dijual disana merupakan bahan-bahan pokok. Namun jika kawan memiliki lokasi strategis, setidaknya bisa menjadi penentu kesuksesan dalam berjualan kelontong.

Membuka toko Kelontong di pemukiman warga merupakan lokasi paling tepat, baik pemukiman area perumahan atau pun pedesaan tentu memiliki prospek sama bagus. Membangun toko di depan rumah untuk menghemat pengeluaran biaya sewa toko.

Survey Kebutuhan Masyarakat

Tiap-tiap penduduk di pemukiman selalu memiliki kebutuhan berbeda-beda walaupun bila berbicara kebutuhan pokok kebanyakan tak jauh berbeda. Melakukan survey bertujuan melihat besaran modal yang harus dikeluarkan. Dimana modal harus menyesuaikan kondisi lingkungan sosial, misal jangan menjual produk-produk tak dibutuhkan oleh mereka. Serta hindari membuka bisnis toko kelontong di dekat toko kelontong lain lebih besar atau pun sudah memiliki pelanggan tetap.

Cari Tempat Grosir Murah

kesuksesan dalam menjalani bisnis sembako, semua tergantung dari laba didapatkan. Oleh karena itu, mencari pemasok barang tergolong mudah, bisa mencari toko-toko swalayan besar atau tempat grosir khusus menjual barang-barang dengan sistem harga grosir. Sedangkan barang-barang tertentu seperti sayur-mayur, telur, daging dan lain-lain bisa membelinya langsung ke petani atau peternak. Bila mengalami kesulitan dalam mencari barang-barang tersebut bisa mencarinya di pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *