Konsep Penting Cara Mengenalkan Bangun Ruang Kepada Anak

Posted on

Seperti kita ketahui bila bangun datar merupakan bangunan tiga dimensi memiliki ruang dan dibatasi oleh sisi-sisi. Jenis-jenis bangun datar antara lain tabung, kerucut, kubus, limas, prisma dan lain-lain. Umumnya pelajaran bangun datar dipelajari oleh anak-anak saat mata pelajaran matematika. Walaupun demikian, orang tua memiliki peran penting supaya mengajak si anak mengenalkan bangun ruang kepada anak, misal dari hal-hal kecil di lingkungan sekitar.

mengenalkan bangun datar kepada anak
sumber : darunnajah.com

Tujuan Mengenalkan Bangun Ruang

Mengenalkan bangun ruang kepada anak itu penting loh. Tujuannya agar sia anak merasa familier berbagai macam bentuk bangun ruang di sekitar. Sehingga kelak si anak sudah memasuki masa sekolah, anak tak merasa gagap. Si anak merasa tidak takut lagi dengan materi bangun raung ketika pelajaran matematika nantinya.

Lalu tujuan lainnya supaya anak dapat membuat, memanfaatkan serta menggunakan bangun ruang untuk membantu pekerjaan kehidupan sehari-hari berdasarkan fungsi dan bentuk.

Mengamati Benda Di Dalam Rumah

Tentu di dalam rumah kemungkinan besar ada beberapa furniture atau benda bangun ruang yang digunakan sehari-hari. Misal nih seperti meja, rak buku, lemari pakaian, vas bunga dan lain-lain. Yap benda-benda itu merupakan contoh bangun ruang, lantaran memiliki bentuk serupa yakni bangun ruang dan dibatasi oleh sisi-sisi.

Mengamati Benda Di Luar Rumah

Cara selanjutnya belajar mengamati benda-benda luar rumah. Bila dibandingkan benda di dalam rumah terbatas, benda-benda di luar rumah lebih bervariasi. Mulai lah dari lingkungan di luar rumah, lalu juga bisa dilakukan ketika sedang bepergian atau berkunjung di suatu tempat.

Contoh-contoh bangun ruang di luar rumah seperti atap rumah berbentuk limas, gayung berbentuk tabung, lampu taman berbentuk bola dan lain-lain. Yap semua benda-benda itu sebenarnya bisa dijadikan media pembelajaran bagi anak.

Ketika bepergian ke suatu daerah, jenis bangun ruang ditemui jauh lebih banyak dan beragam. Itu lah manfaat mengajak anak bermain atau piknik di luar rumah sangat penting ya. Selain bersenang-senang juga mengenalkan bangun ruang kepada anak dari hal-hal ditemuinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *